Tips Membeli Rumah Pertama

Ulasan Jujur

Updated on:

rumah minimalisi

Membeli rumah pertama merupakan salah satu pencapaian penting dalam hidup, terutama bagi generasi milenial yang semakin aktif dalam mengatur keuangan mereka. Namun, proses ini juga dapat menjadi hal yang rumit dan menuntut perencanaan matang. Bagi milenial yang ingin memulai perjalanan kepemilikan rumah, berikut adalah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan seperti memilih tipe, rumah minimalis dan rumah minimalis 2 lantai

rumah minimalis 2 lantai

Panduan Membeli Rumah Pertama dengan Sukses

1. Sesuaikan dengan Kondisi Finansialmu

Langkah pertama dalam membeli rumah pertama adalah memahami kondisi finansial Anda dengan cermat. Buatlah anggaran yang jelas untuk menentukan berapa banyak uang yang dapat Anda alokasikan untuk pembelian rumah. Ini termasuk pendapatan bulanan, tabungan, dan utang yang ada.

2. Rapikan Keluar Masuk Uang di Rekening

Mengelola Keuangan dengan Baik. Pastikan rekening Anda dalam kondisi yang baik. Rapikan semua pemasukan dan pengeluaran serta hindari transaksi yang mencurigakan. Bank yang baik dan rekening yang teratur dapat mempermudah proses pengajuan KPR.

3. Bersihkan Rekam Jejak Kredit

Pemeriksaan kredit adalah hal yang umum dalam proses pengajuan KPR. Pastikan bahwa riwayat kredit Anda bersih dan bebas dari catatan buruk yang dapat menghambat persetujuan KPR. Bayar semua utang tepat waktu dan hindari keterlambatan pembayaran.

4. Mengetahui Kemampuan Cicilan

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah, tentukan berapa besar cicilan bulanan yang dapat Anda tanggung. Ingatlah bahwa memiliki rumah baru akan membawa sejumlah biaya, termasuk pajak properti, asuransi rumah, dan perawatan. Pastikan bahwa cicilan bulanan tidak melebihi 30% dari pendapatan bulanan Anda.

5. Pertimbangkan Besaran Uang Muka

Mengumpulkan Uang Muka yang Cukup. Uang muka adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan di muka saat membeli rumah. Sebagai milenial, upaya untuk mengumpulkan uang muka yang cukup besar dapat membantu Anda mendapatkan tingkat bunga yang lebih baik pada KPR. Pertimbangkan untuk menabung lebih banyak sebelum memulai proses pembelian.

6. Survei Lingkungan Rumah

Memilih Lokasi yang Tepat. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, lakukan survei terhadap lingkungan tempat rumah berada. Tinjau faktor-faktor seperti akses ke transportasi, fasilitas umum, keamanan, dan lingkungan sekitar. Hal ini akan memastikan bahwa rumah yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

7. Pilih Rumah yang Sesuai Kebutuhan

Memilih Rumah yang Cocok dengan Keluarga Anda. Penting untuk memilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan berapa banyak kamar yang Anda butuhkan, tipe rumah, ukuran rumah, dan fasilitas yang Anda harapkan. Pastikan rumah ini dapat memenuhi kebutuhan Anda jangka panjang, memilih rumah minimalis.

rumah minimalis

8. Tentukan Tipe Rumah yang Tepat

Mempertimbangkan Jenis rumah. Berbagai jenis rumah yang dapat Anda pertimbangkan, mulai dari apartemen hingga rumah rumah minimalis 2 lantai. Pertimbangkan tipe rumah minimalis yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda dan anggaran Anda. Setiap tipe rumah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

9. Pilih Program KPR yang Sesuai

Memahami Program KPR yang Tersedia. Ada berbagai program KPR yang tersedia dengan berbagai tingkat suku bunga dan jangka waktu. Teliti dan bandingkan program KPR yang ditawarkan oleh berbagai bank atau lembaga keuangan. Pilih program KPR yang paling sesuai dengan keuangan Anda.

Membeli rumah pertama merupakan langkah besar dalam perjalanan finansial seorang milenial. Dengan perencanaan yang matang dan pemahaman yang baik tentang keuangan pribadi, Anda dapat membuat keputusan yang bijaksana dan mengamankan masa depan finansial Anda. Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan ahli keuangan atau perencana keuangan jika Anda memiliki pertanyaan atau ketidakpastian dalam proses pembelian rumah.

17 pemikiran pada “Tips Membeli Rumah Pertama”

  1. Betul banget tips-tips yang diberikan di atas. Apalagi kalo beli rumah pakai KPR, ada banyak faktor yang mesti dipertimbangkan dengan matang, mulai dari kemampuan finansial, perencanaan keuangan dan pastinya pendapatan tetap. Terima kasih banyak loh atas tipsnya ya….

    Balas
  2. Betul banget aku setuju sama semua tipsnya. Aku juga sudah melakukan hal-hal di atas. Paling penting sesuaikan dengan kondisi keuangan, jangan memaksakan kalau budgetnya sedikit. Cek juga kondisi cicilan, kalau belum mampu ya jangan dipaksakan juga. Apalagi kalau cicilannya banyak, nanti malah jadi beban finansial huhu. Pokoknya sesuaikan dengan kebutuhan ya kak.

    Balas
  3. Betul banget aku setuju sama semua tipsnya. Aku juga sudah melakukan hal-hal di atas. Paling penting sesuaikan dengan kondisi keuangan, jangan memaksakan kalau budgetnya sedikit. Cek juga kondisi cicilan, kalau belum mampu ya jangan dipaksakan juga. Apalagi kalau cicilannya banyak, nanti malah jadi beban finansial huhu. Pokoknya sesuaikan dengan kebutuhan ya kak.

    Balas
  4. Betul banget aku setuju sama semua tipsnya. Aku juga sudah melakukan hal-hal di atas. Paling penting sesuaikan dengan kondisi keuangan, jangan memaksakan kalau budgetnya sedikit. Cek juga kondisi cicilan, kalau belum mampu ya jangan dipaksakan juga. Apalagi kalau cicilannya banyak, nanti malah jadi beban finansial huhu. Pokoknya sesuaikan dengan kebutuhan ya kak. biar bisa beli rumah impian.

    Balas
  5. Betul banget aku setuju sama semua tipsnya. Aku juga sudah melakukan hal-hal di atas. Paling penting sesuaikan dengan kondisi keuangan, jangan memaksakan kalau budgetnya sedikit. Cek juga kondisi cicilan, kalau belum mampu ya jangan dipaksakan juga. Apalagi kalau cicilannya banyak, nanti malah jadi beban finansial huhu. Pokoknya sesuaikan dengan kebutuhan ya, biar bisa beli rumah impian.

    Balas
  6. tiap kali ada desain rumah yang cakep di IG aku selalu save buat bahan referensi. meski masih proses nabung dan nggak tahu kapan bakal bisa terealisasi, tp ya bismillah aja hehe

    Balas
  7. Memang betul Kak kalau beli rumah kudu disiapkan matang2 karena durasi KPR yg lama. Bisa 10 bahkan 20 tahun.

    Beli rumah yg sesuai dengan gaji. Kalo cukupnya yg tipe 21 ya jangan maksa yg gede tapi bingung bayar kreditnya gimana.

    Balas
  8. Sesuai kak tipsnya memang kalau membeli rumah pertama harus matang dari segi budget, pembayaran, kalau mau ambil KPR harus mikir juga gimana kedepannya, tenornya ambil berapa, dll. Ribet emang, ya, tapi kudu tegas di awal.biar ga ambyar belakangan

    Balas
  9. Tips membeli rumah ini betul-betul kudu strict yaa..
    Karena kalau kata orang Jawa, abis beli sesuatu yang besar tuh kudu tirakat. Maksudnya kurang lebih dari mulai merapikan keuangan, menghitung dengan jeli uang muka yang digunakan dan besaran cicilan yang harus ditanggung setiap bulan hingga memperhitungkan investasi jangka panjang dari properti yang dibeli dan akan digunakan. Karena ini berefek panjang juga yaa.. walaupun yakin kalau properti gakkan turun nilainya kalau gak ada kejadian buruk di lingkungan tersebut.

    Balas
  10. Membeli rumah pertama emg seru ya kak. Mulai dr hunting brosur, datang ke lokasi hingga membandingkan dgn lokasi lain dan hrs lihat kondisi rumah satu2.

    Blm lagi hrs kontak dgn perbankan dan menemui agen marketingnya. Plus merapikan segala catatan keuangan pribadi agar lolos BI checking.

    Balas
  11. Mantap nih tips nya
    Siapapun emang pasti mendambakan memiliki rumah sendiri ya. Numpang sama mertua itu emang gak enak. Ngontrak terus-terusan juga bisa kebobolan. Kalau punya rumah sendiri, istilahnya makan dengan garam pun tetap tenang…
    Memang kalau mau beli rumah yg harus kita pikirkan lebih dulu adalah budget nya
    Semoga yg belum punya rumah segera ya…

    Balas
  12. Benar banget nih! Aku udah beberapa kali lihat-lihat program KPR, tapi kadang bingung juga mana yang cocok. Emang harus teliti bener. Tipsnya mantap! Buat yang lagi cari rumah kaya aku, beneran jadi pencerahan nih. Makasih ya, info begini penting banget buat kita-kita yang baru mau mulai beli rumah 👍🏡

    Balas

Tinggalkan komentar