7 Ide Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Modal Kecil

Ulasan Jujur

Updated on:

jenis usaha jasa

Ingin punya bisnis sampingan, tapi ragu karena kamu masih berstatus mahasiswa? Hmm… jangan ragu dong.

Sebab, ada banyak jenis usaha jasa yang bisa kamu jalankan.
Selain untuk mengasah jiwa entrepreneur, kamu yang belajar berbisnis sejak duduk di bangku kuliah sebenarnya bisa mengasah berbagai keterampilan, seperti bernegosiasi, pemasaran, membangun networking, sekaligus bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Di artikel ini, saya akan berbagi ide bisnis sampingan 100 peluang usaha untuk mahasiswa dimulai dengan modal kecil, bahkan tanpa modal. Yuk, baca ulasannya sampai selesai ya.

7 Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa

1. Bisnis Preloved

contoh usaha jasa

Bagi kamu yang baru pertama kali berbisnis dan belum punya modal, ada lho usaha yang cocok untuk mahasiswa ide bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu coba jenis usaha jasa mengutamakan, yaitu bisnis preloved. Untuk memulai bisnis dengan jenis usaha jasa untuk mahasiswa, kamu bisa intip dulu barang-barang pribadi yang kondisinya masih bagus, tetapi sudah tak kamu gunakan lagi.
Contoh barang preloved yang bisa kamu jual, ide usaha mahasiswa antara lain:

  • Pakaian yang masih bagus, tetapi sudah kekecilan.
  • Berbagai jenis buku, mulai dari buku novel, buku pengembangan diri, atau mungkin textbook kuliah semester lalu.
  • Barang elektronik, seperti handphone, jam tangan, kamera, dll.
  • Produk furniture, printilan, aksesoris, hingga tas atau sepatu.

Semua produk tersebut bisa kamu jual secara online di e-commerce, seperti Lazada, misalnya. Pada tahu kan ya, Lazada? Itu lho, platform eCommerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia yang cocok banget untuk siapa pun yang mau jualan online.

Cara lain, kamu bisa menawarkan barang preloved ke teman kuliah atau teman tongkrongan. Siapa tahu kan, mereka lagi butuh barang tersebut. Bahkan, kamu bisa juga mengajak mereka untuk menjual produk second yang sudah tak mereka gunakan melalui kamu.

Menentukan harganya bagaimana? Nah, kalau ini tergantung kamu nih. Kamu bisa menjual seharga 25% lebih murah dari harga kamu beli atau melihat dulu pasaran harga barang second yang beredar di pasar. Pastikan harganya kompetitif ya supaya mudah laku dan kamu tak terlalu rugi.

2. Freelance Writer & Platform Freelancer

Kalau kamu punya hobi membaca, senang membuat tulisan, dan punya perangkat seperti handphone atau laptop, kamu bisa merintis karir usaha untuk mahasiswa sebagai penulis lepas. Serius bisa jadi writer cukup bermodal handphone? Iya, serius. Ini sedikit pengalaman saya.
Pengalaman Sebagai Freelance Writer

Dulu sebelum punya laptop, kebetulan saya merintis karir sebagai penulis menggunakan ponsel saja lho. Masa itu masih zaman Blackberry. Kalau tulisannya sudah jadi, saya tinggal ke persewaan komputer atau ke warnet untuk merapikan tulisan saya, supaya siap dikirim ke pelanggan.

  • Penghasilan Freelance Writer
    Saat itu, harga per artikel 500 bisa laku seharga Rp10.000,- (harga ini pun masih banyak lho saya lihat di media sosial).
  • Sejalan dengan waktu, sudah punya banyak klien dan kualitas tulisanmu makin bagus, harga karya tulis kamu pun bisa naik. Bahkan kalau kamu bisa menulis artikel yang sesuai dengan kaidah SEO, harga per artikelnya bisa sampai Rp250.000,-
  • Kalau dalam sebulan kamu bisa menulis 20 artikel saja, sudah berapa coba penghasilan yang akan kamu dapatkan? Hayoo, coba hitung… hahaha.

Nah, hasil dari tulisan-tulisan saya inilah yang akhirnya membuat saya bisa membeli komputer desktop, bahkan setelahnya beli laptop. Hmm… jadi curhat nih.

Tapi dari pengalaman saya ini pula, saya berani mengatakan kalau menjadi freelance writer bisa jadi bisnis modal kecil untuk mahasiswa, bahkan pelajar. Dengan catatan, kamu tekun dan terus upgrade diri, banyak membaca, serta terus latihan menulis agar kualitas tulisan kamu jadi semakin bagus.

  • Cara Jadi Freelance Writer
  • Cara memulai bisnis ini gimana? Tenang, sekarang era digital. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas. Biasanya mereka akan mencari para penulis di media sosial, atau di berbagai platform untuk para pekerja lepas. Misalnya di Upwork, Freelancer, Sribulancer, dan masih banyak lagi.
  • Cara lain yang lebih efektif, bergabunglah di komunitas kepenulisan, atau bisa juga membuat akun di LinkedIn dan mulailah membagikan tulisan-tulisan karya kamu.
    Jangan lupa, bikin juga portofolio yang menarik ya, supaya kamu bisa sekaligus membangun personal branding sebagai freelance writer profesional.

3. Jasa Penerjemahan Textbook

Jika menguasai lebih dari satu bahasa, misalnya bisa berbahasa Inggris dengan baik tulisan maupun percakapan, kamu bisa membuka jasa penerjemahan textbook.

Bisnis ini berpeluang mendatangkan penghasilan dan bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan. Sebab, masih banyak mahasiswa dan akademisi yang membutuhkan bahan bacaan berkualitas, namun belum bisa berbahasa Inggris dengan baik.

Textbook yang bisa kamu terjemahkan, antara lain: buku teks akademik berbahasa asing, jurnal ilmiah yang kebanyakan berbahasa Inggris, makalah, atau jenis literatur lainnya. Pastikan untuk memberikan penerjemahan yang akurat dan tepat waktu supaya pelanggan tidak kecewa ya.

4. Jadi Reseller

Kalau kamu mau ide usaha mahasiswa mencoba jualan online untuk pemula, tapi masih cari-cari cara bisnis online yang tak membutuhkan modal besar, lebih baik jadi reseller saja.

Dengan menjadi reseller, kamu tidak perlu punya stok produk yang banyak. Kamu cukup menjualkan produk seller lain dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli produk dengan harga jualnya.

Agar bisa mendapatkan keuntungan, pastikan memilih produk yang memang laris dan digemari banyak orang.
Misalnya produk kecantikan, skincare Korea yang sekarang sedang viral, reseller fashion, hijab, aksesoris, bahkan banyak juga reseller produk rumah tangga yang bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan dalam satu bulan.
Kalau ingin tahu lebih banyak gimana sih cara jadi reseller, kamu coba ikuti tipsnya di sini ya: Cara Bisnis Online.

5. Berprofesi Sebagai Blogger

Pemilik usaha, dari usaha kecil hingga perusahaan besar, membutuhkan jasa blogger untuk membuat review mengenai produk maupun bisnis mereka untuk membangun brand awareness hingga memasarkan produk mereka.

Itulah sebabnya, contoh usaha jasa profesi blogger menjanjikan keuntungan dan bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan. Bayangkan saja kalau untuk satu kali posting di blog kamu mendapatkan bayaran Rp500.000,-, misalnya, 10 blog post saja sudah banyak, kan?

Tapi untuk mendapatkan penghasilan besar, tentu ada effort besar juga yang harus kamu upayakan dengan sepenuh hati. Jadi, mulai dulu dengan memiliki dan membuat blog yang
Lalu, rajin-rajinlah mengisi blog kamu dengan berbagai tulisan yang memang kamu kuasai dengan baik, misalnya tentang traveling, bisnis, kehidupan sebagai mahasiswa, tips, dan sebagainya.

Jangan lupa pelajari juga ilmu terkait digital marketing dan Search Engine Optimization (SEO), supaya performa blog kamu bagus, dan memiliki banyak traffic.

6. Sebagai Fotografer Freelance

Sebagai mahasiswa, menjadi fotografer freelance bisa menjadi pilihan yang menarik. Dengan memiliki kemampuan fotografi yang cukup, mahasiswa dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah untuk memulai bisnis fotografer freelance, termasuk peralatan yang diperlukan, cara mendapatkan klien, dan cara memasarkan layanan fotografi.

kamu bisa memulai dengan memposting poto-poto di sosial media untuk langkah promosi. Dan cukup banyak yang menggunakan jasa potografer seperti untuk iklan, frewed, poto keluarga, dan juga untuk pernikan. contoh kecilnya untuk poto frewed bisa mendapatkan hasi 1,7 juta hanya untuk poto jenis file bila di buat album poto dengan cover yang menarik dan editing swderhan bisa berada di kisaran 2.5 jt-5 jt bahkan bisa lebih. Cukup menggiurkan bukan.

7. jadi Penyedia Jasa Desain Grafis

Bisnis jasa desain grafis peluang lain yang menjanjikan bagi mahasiswa. Artikel ini akan membahas bagaimana mahasiswa dapat memanfaatkan keterampilan desain grafis mereka untuk memulai jenis usaha jasa. Penjelasan akan mencakup perangkat lunak yang diperlukan, cara membangun portofolio, dan strategi pemasaran untuk menarik klien.

Untuk yang ini saya gak bisa bercerita banyak karna orang yang memiliki skil desain grafis sudah pasti banyak di cari perusahaan, sekil yang satu ini juga termasuk sekil yang mahal. Sudah pasti pendapatannya sangat besar.

usaha jasa

Mengelola dan Menjalankan Usaha Jasa Menjadi Lebih

Mudah dengan Aplikasi iREAP,  Yukh Download di Playstore.

Aplikasi iReap POS ini memberikan berbagai fitur yang sangat membantu dalam mengelola beragam aspek bisnis jasa, mulai dari manajemen inventaris, pencatatan transaksi, hingga pelacakan keuangan secara efisien, termasuk kemudahan dalam mencatat piutang dan membuat invois.

Bisa dikatakan iREAP aplikasi kasir android laporan keuangan selain berpungsi sebagai apk kasir android ireap juga punya pitur iREAP invois dan dapat menbatu anda mengirimkannya kepada pelanggan melalaui email dan mesenger dalam satu klik
berikut langkah menggunakan iREAP invois dengan iREAP POS pro

iREAP POS Lite & Pro juga menyediakan fasilitas aplikasi laporan keuangan untuk mencatat biaya jasa anda untuk ditagihkan pada pelangan pencatatan biaya jasa, biaya bisa bermacam jenis tergantung dari kebutuhan dan dapat memudahkan anda. Pada umumnya biaya yang ditagihan adalah biaya ongkos jasa potograpi atau desain grafis.

Pada dasarnya untuk mencatat total biaya jasa dibuatkan master jenis jasa seperti album poto akan diperhitungkan. Umumnya pencatatan tagihan ongkos-ongkos  pada aplikasi untuk mencatat keuangan usaha jasa penjualan jasa.

saya berikan contoh sederhana aplikasi laporan keuangan dengan langakah yang lebih mudah

1. Buat Kategori Sesuai Jasa

seperti potografi atau desain grapis dari situ ada bisa menganalisa pendanpatan dari jasa anda

usaha jasa potografi
2. Buat Jenis Jasa Apasaja yang Sudah Anda Kerjakan

untuk barang seperti buku album poto bisa di kode apasaja atu barcode,
dan untuk nama seperti buku albun poto untuk pengirimannya sertakan

  • nama kota
  • biaya yang harus dibayar pelanggan contoh IDR 100.000
  • pilih/ tick “non stok produck”

aplikasi kasir android

3. Setelah Semua Item Jasa-jasa Tersimpan Anda Bisa Menggunakan Dalan Transaksi Penjualan Jasa

iReap POS

Kesimpulan

Penekanan kembali mengenai pentingnya memiliki bisnis sampingan sebagai mahasiswa
Bisnis sampingan tidak hanya memberikan penghasilan tambahan, tetapi juga mengembangkan keterampilan dan pengalaman yang berharga.

saya mengajak anda untuk mulai menjalankan bisnis sampingan dan mengambil peluang yang ada Bisnis sampingan dapat menjadi langkah pertama menuju kemandirian finansial dan pengembangan karier di masa depan.

21 pemikiran pada “7 Ide Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Modal Kecil”

  1. sebenarnya banyak yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mendpatkan cuan tambahan sih. Ngga melulu harus punya produk bisa juga dengan menjual jasa sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. apalagi sekarang banyak pekerjaan freelance bisa dilakukan dari rumah

    Balas
  2. Bener banget tuh kak. Ide bisnis yang sederhana ini bs mengasah kepekaan naluri bisnis anak muda. Biar mereka mencicipi dunia nyata scr real. Tdk hanya teori yg didapat di bangku sekolah dan kuliah aja.

    Dan ide bisnis utk mahasiswa ini rata2 udh aku lakuin jg sih. Maklum dulu kuliah dgn biaya sendiri. Jd ya hrs survive dgn biaya sendiri.

    Balas
  3. Bagus banget sih bagi mahasiswa yang sudah punya bisnis sendiri,jadi lebih mandiri dalam mengatur keuangan pribadi. Selain itu juga bisa dapat cuan. Siapa tau aja ke depannya nanti bakalan jadi pebisnis yang andal.

    Namanya juga anak muda, yang pasti jenis bisnisnya disesuaikan dengan tren yang sedang berkembang ygy. Yaa contohny kayak ke-7 profesi yang disebutkan di dalam blog super keren ini, semuanya cocok untuk mahasiswa. Apalagi bisnis preloved, karena nggak sedikit juga konsumen yang berburu produk second.

    Very nice sharing Kak. Keren ih ulasannya!!

    Balas
  4. Aku pernah bisnis pulsa saat kuliah. Pernah juga jadi penjual online dengan metode dropship. Seneng banget kalau dapat tambahan duit dari usaha sendiri sih….

    Balas
  5. Berbisnis bisa dilakukan siapa aja ya kak, apalagi jaman now itu udah bisa bisnisnya via online, dan pakai juga aplikasi kasir biar makin sat-set-sat-set urusan keuangan

    Balas
  6. Keren ya..
    Meskipun masih mahasiswa, tapi sudah ngide buat menjalankan bisnis. Sehingga dikit-dikit bisa bantu orangtua, Mungkin jadi gak minta uang jajan lagi. Seru siih.. apalagi yang bisa mengatur keuangannya menggunakan Aplikasi iReap POS. Jadi lebih terkontrol cashflow usahanya.

    Balas
  7. Tapi bener banget loh, mahasiswa juga sudah harus punya bisnis sampingan. Apalagi banyak program yang mendukung kayak PKMK dari Kementerian

    Balas
  8. Tapi bener banget loh, mahasiswa juga sudah harus punya bisnis sampingan. Apalagi banyak program yang mendukung kayak PKMK dari Kementerian kayak Dikti

    Balas
  9. Asal mau berusaha selalu ada peluang ya, Kak. Mahasiswa banyak loh yang punya usaha preloved dan mereka laris manis.
    Sepertinya mahasiswa juga perku dikenalkan dengan iReap POS biar makin terkelola dengan baik usaha mereka

    Balas
  10. Bener banget sih, mahasiswa juga bisa cari peluang bisnis sampingan buat nambahin uang jajan. Jadi reseller juga minim modal lho. Apalagi ngga perlu punya stok barang ya. Eh sekarang buat pencatatan transaksi bisa pake iReap ya. Ngebantu banget buat manajemen inventaris juga.

    Balas
  11. Penting nih ide-ide buat bisnis mahasiswa dengan modal kecil. Kecil-kecilan aja dulu, namanya juga sambil kuliah. Fokus kan menyelesaikan studi terlebih dahulu.
    Bisnis preloved bagus tuh, cocok dengan konsep sustainability kekinian. Bisa nyari produk-produknya punya tante-bibi, ortu, nenek, paman, dll. Sekarang kan dicari tuh barang-barang vintage…

    Balas
  12. Siapa bilang mahasiswa cuma ngabisin duit? Yang ada malah bisa menghasilkan duit meski masih kuliah.

    Betul banget nih, jaman sekarang itu banyak usaha yang dijalankan sampingan, tapi hasilnya lumayan. Nah, yang kayak gini, cocok banget buat mahasiswa.

    Balas
  13. banyak juga ya ternyata ide bisnis sampingan untuk mahasiswa, sayangnya dulu dunia freelancer belum begitu booming seperti sekarang, apalagi modalnya kecil-kecil ya pastinya kejangkau banget buat mahasiswa yang ingin membuka bisnis sampingan

    Balas
  14. Bisnis zaman sekarang banyak banget yg bisa dipilih ya, walo namanya sampingan, tapi kudu dijalani sungguh². Karena udah ada iReap POS juga nih yg bisa bantu bisnis makin maksimal. No ribet² club!

    Balas
  15. bener banget ide2 bisnisnyaa.. aku dulu waktu kuliah ada temen yang rajin banget preloved baju2 dan aksesoris. lumayan banget pendapatannya setelah join. terimakasih yaa ^^

    Balas
  16. Nih, temen-temen, makin keliatan, ya, pentingnya punya bisnis sampingan pas kuliah. Duit lebih sih jelas, tapi juga bisa belajar banyak skill dan pengalaman yang gak bisa di kampus. Jadi yuk, jangan takut buat mulai bisnis sampingan! 💪💼💡

    Balas

Tinggalkan komentar