Baru Lulus Kuliah: Baca Buku Inspiratif Pengembangan Diri

Ulasan Jujur

Updated on:

buku influence

Saat melangkah keluar dari dunia perguruan tinggi dan memasuki dunia nyata, banyak lulusan merasa perlu untuk terus mengembangkan diri mereka. Buku pengembangan diri dapat menjadi teman yang sangat baik dalam perjalanan ini.

Dalam artikel ini, Saya akan membahas salah satu buku inspiratif yang telah banyak diadopsi, yaitu Influence: The Psychology of Persuasion karya Dr. Robert B. Cialdini. Buku ini adalah sebuah klasik dalam hal pengaruh dan persuasi, dan kami akan melihat bagaimana prinsip-prinsip yang diuraikan dalam buku ini dapat membantu lulusan baru dalam menghadapi tantangan di dunia nyata.

Prinsip-Prinsip Pengaruh dalam Influence: The Psychology of Persuasion

dunia kerja

Dalam buku Influence, Dr. Robert B. Cialdini menguraikan enam prinsip utama pengaruh yang dapat membantu kita memahami perilaku manusia dan bagaimana kita dapat menggunakannya secara etis dalam berbagai situasi, termasuk dalam pengembangan diri kita sendiri. Berikut adalah keenam prinsip tersebut:

1. Timbal Balik

Prinsip pertama yang diuraikan oleh Dr. Cialdini adalah prinsip timbal balik. Ini adalah dorongan internal yang membuat kita merasa perlu untuk membalas budi ketika seseorang memberikan sesuatu kepada kita. Ini mengajarkan kita pentingnya memberikan lebih dahulu, karena itu cenderung memicu respons positif dari orang lain.

2. Komitmen dan Konsistensi

Prinsip kedua adalah komitmen dan konsistensi. Ketika kita membuat pilihan atau mengambil suatu sikap, kita cenderung bekerja keras untuk bertindak konsisten dengan komitmen tersebut. Ini dapat digunakan untuk mengembangkan diri dengan membuat komitmen pada tujuan-tujuan yang ingin dicapai.

3. Bukti Sosial

Prinsip ketiga adalah bukti sosial. Ketika kita merasa ragu atau tidak yakin, kita cenderung melihat kepada orang lain untuk menentukan tindakan yang benar. Semakin banyak orang yang melakukan tindakan tersebut, semakin kita cenderung mengikuti mereka. Dalam pengembangan diri, ini dapat berarti mencari inspirasi dari orang-orang yang telah sukses dalam bidang yang sama.

4. Kepentingan

Prinsip keempat adalah kepentingan. Ini mengacu pada kecenderungan kita untuk setuju dengan orang yang kita sukai. Selain itu, orang lain cenderung setuju dengan kita jika mereka menyukai kita. Dalam pengembangan diri, ini dapat mendorong kita untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain dan menjadi sumber inspirasi.

5. Otoritas

Prinsip kelima adalah otoritas. Orang cenderung lebih mungkin mengatakan ya kepada orang yang dianggap sebagai otoritas dalam bidang tertentu. Dalam pengembangan diri, menjadi otoritas dalam bidang yang kita minati dapat membantu kita mencapai tujuan kita.

6. Kelangkaan

Prinsip keenam adalah kelangkaan. Kita cenderung menginginkan hal-hal yang kurang tersedia atau semakin langka. Dalam pengembangan diri, ini dapat menginspirasi kita untuk mengambil tindakan ketika ada peluang yang terbatas.

buku untuk s1

Penerapan Prinsip-Prinsip Pengaruh dalam Pengembangan Diri

Memahami keenam prinsip pengaruh ini dan bagaimana mereka berfungsi dapat membantu lulusan baru dalam pengembangan diri mereka. Pertama, prinsip timbal balik mengajarkan pentingnya memberi sebelum menerima. Lulusan baru dapat mulai dengan memberikan kontribusi positif dalam komunitas atau tempat kerja mereka.

Prinsip komitmen dan konsistensi mengingatkan kita untuk berkomitmen pada tujuan-tujuan kita dan bertindak konsisten dengan komitmen tersebut. Lulusan baru dapat mengatur tujuan jangka pendek dan panjang, dan kemudian berkomitmen untuk mencapainya.

Bukti sosial mengajarkan kita untuk mencari inspirasi dari orang-orang yang telah mencapai apa yang ingin kita capai. Lulusan baru dapat mencari mentor atau role model dalam karir mereka.

Kepentingan mengingatkan kita untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Lulusan baru dapat fokus pada pengembangan keterampilan komunikasi dan kemampuan interpersonal.

Otoritas mengajarkan kita untuk menjadi ahli dalam bidang kita. Lulusan baru dapat terus belajar dan meningkatkan pengetahuan mereka dalam disiplin ilmu atau karir yang mereka pilih.

Kelangkaan dapat mendorong lulusan baru untuk mengambil tindakan ketika ada peluang yang terbatas. Mereka dapat mencari peluang untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek yang menantang dan jarang tersedia.

Kesimpulan

Dalam perjalanan pengembangan diri setelah lulus kuliah, buku inspiratif seperti Influence: The Psychology of Persuasion oleh Dr. Robert B. Cialdini dapat menjadi panduan yang berharga. Prinsip-prinsip pengaruh yang diuraikan dalam buku ini dapat membantu lulusan baru memahami perilaku manusia dan bagaimana mereka dapat menggunakannya untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional mereka.

Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ini secara etis, lulusan baru dapat menghadapi dunia nyata dengan lebih percaya diri dan berhasil dalam pengembangan diri mereka.

22 pemikiran pada “Baru Lulus Kuliah: Baca Buku Inspiratif Pengembangan Diri”

  1. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pengembangan diri adalah dengan membaca buku-buku inspirasi ya bro, salah satunya ya buku Influence ini. Buku inspiratif ini cocok juga bagi mereka yang baru saja lulus kuliah, agar bisa merancang langkah menuju masa depan yang lebih berarti. Nice info juragan

    Balas
  2. Saat lulus kuliah, maka harus siap saat sudah melangkah ke dunia kerja ya, Kak. Karena memang akan sangat berbeda sikonnya. Bagaimana nantinya harus beradaptasi dengan lingkungan kerja dan orang-orang baru. Belum lagi tuntutan tugas dari kerjaan. Dan agar betah dengan hasil kerja maksimal, kita memag perlu belajar lagi dan mengembangkan diri lagi. Buku ini bagus sekali dijadikan pegangan, kak. nantinya bisa dipraktikkan langsung dan dirasakan langsung.

    Balas
  3. Menarik sekali ulasannya. Bagi lulusan baru penting untuk mempelajari pengembangan diri. Supaya bisa terjun ke dunia kerja dan dapat bersaing dengan yang lainnya

    Balas
  4. Menarik sekali ulasannya. Bagi lulusan baru penting untuk mempelajari pengembangan diri. Supaya bisa terjun ke dunia kerja dan dapat bersaing dengan yang lainnya

    Balas
  5. Menarik sekali ulasannya. Bagi lulusan baru penting untuk mempelajari pengembangan diri. Supaya bisa terjun ke dunia kerja dan dapat bersaing dengan yang lainnya

    Balas
  6. Menarik sekali ulasannya. Bagi lulusan baru penting untuk mempelajari pengembangan diri. Supaya bisa terjun ke dunia kerja dan dapat bersaing dengan yang lainnya.

    Balas
  7. Baru lulus perlu banyak modal wawasan soal pengembangan diri yang bisa didapatkan lewat baca buku maupun dari tayangan. Soalnya biar makin matang juga ya ketika bekerja di perusahaan gak grasak-grusuk dan lebih tenang

    Balas
  8. Buat yang masih galau belum tahu mau ke arah mana setelah lulus kuliah, buku ini bisa jadi pedoman. Tentang hidup yang harus bagaimana, bahkan harus bakti diri. Buku yang cakep nih.

    Balas
  9. Kalau sudah paham dengan nilai pengembangan diri beserta pointnya apa saja setidaknya saat lulus kuliah kita gak merasa bagai anak ayam kehilangan induknya ya. Udah ada patokan yang bisa mengarahkan kita mau lanjut bagaimana… Yang pasti kesuksesan dalam berkarir ya

    Balas
  10. lulus kuliah merupakan awal dari perjalanan dan perjuangan hidup sebenarnya. Perlu semangat dan daya juang untuk bisa bersaing dengan orang banyak mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. HArus punya tujuan hidup yang jelas biar berhasil

    Balas
  11. Self development memang butuh dilakukan
    Apalagi kita sebagai pekerja
    Harus banyak tahu bagaimana diri sendiri supaya mudah mengajak diri bersama-sama mengembangkan potensi

    Balas
  12. Jadi inget, sebagai fresh grad, aku merasakan serba salah.
    Tapi karena urutan senior-junior ini begitu kuat di tempat kerja, maka sebagai junior tentu mengalah dan “iya iya” aja kalau dimintain sesuatu. Tapi setelah 1 tahun bekerja, aku jadi hapal karakter dan ritme kerja di kantor, sehingga uda berani “sedikit” improvisasi.

    Intinya memang menjadi pribadi yang tepat dimana pun berada.

    Balas
  13. Emg setelah lulus kuliah tuh kita blm bnyk bgt pengalaman. Selain dr magang, membaca buku inspiratif kyk gini emg bs bgt nambah wawasan. Dan akhirnya bs diterapkan saat ntr kerja/magang di perusahaan.

    Hayo yg baru lulus/lg cari kerjaan, bs baca buku rekomendasinya tuh.

    Balas
  14. buku2 pengembangan diri bisa membuat kita lebih percaya diri, upgrade diri, dan melatih kemampuan diri lebih maksimal. mahasiswa juga perlu membaca buku seperti ini.

    Balas
  15. Membaca buku memang membuka wawasan kita, lulusan baru harus bisa beradaptasi dengan dunia pekerjaan dimana sangat berbeda dengan dunia kuliah.
    Dunia kerja dituntut tanggung jawab, bisa bekerja sama dg baik antar pegawai dkk.
    Jadi memang sangat penting membekali diri ketika lulus dan masuk ke dunia kerja

    Balas
  16. Baca buku inspiratif pengembangan diri bisa dimulai sejak belum kuliah nih, karena memang bermanfaat banget supaya kita bisa tahu apa yang mau dilakukan di masa depan dan bagaimana membangkitkan keunggulan diri.

    Balas
  17. Buku pengembangan diri memang bagus untuk membangun kepercayaan diri dan optimisme. Aku juga dulu sering baca buku pengembangan diri saat lulus kuliah. Berasa dapat support positif dan semangat baru gak sih?

    Balas

Tinggalkan komentar